Wednesday 15 May 2013

Perbandingan, Hubungan Indikator dan Tujuan Pembelajaran

loading...
loading...



PERBANDINGAN DAN HUBUNGAN INDIKATOR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN

NO
PERBEDAAN
INDIKATOR PEMBELAJARAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
1
PENGERTIAN
Menurut Standar Proses pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 41 Tahun 2007, indikator pencapaian kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Menurut Standar Proses pada Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
2
HUBUNGAN DENGAN KD (KOMPETENSI DASAR)
Indikator pencapaian kompetensi merupakan rumusan kemampuan yang harus dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar (KD).
Ini berarti kemampuan yang dirumuskan dalam tujuan pembelajaran mencakup kemampuan yang akan dicapai siswa selama proses belajar dan hasil akhir belajar pada suatu kompetensi dasar (KD). 
3
FUNGSI DAN MANFAAT
Indikator berfungsi sebagai berikut:
1. Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran.
2.      Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran.
3. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar.
4.      Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar.
Upaya merumuskan tujuan pembelajaran dapat memberikan manfaat tertentu, baik bagi guru maupun siswa. Nana Syaodih Sukmadinata (2002) mengidentifikasi 4 (empat) manfaat dari tujuan pembelajaran, yaitu:

1.      Memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar kepada siswa, sehingga siswa dapat melakukan perbuatan belajarnya secara lebih mandiri
2.      Memudahkan guru memilih dan menyusun bahan ajar
3.      Membantu memudahkan guru menentukan kegiatan belajar dan media pembelajaran
4.      Memudahkan guru mengadakan penilaian.

4
HUBUNGAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN
1.      Bersifat Generik
2.      Dasar pembuatan alat penilaian
3.      Menggambarkan hasil belajar

1.      Menggambarkan proses dan hasil belajar
2.      Dasar pembuatan tugas dalam KBM
3.      Bersifat kontekstual

5
TARGET KEMAMPUAN YANG AKAN DICAPAI
indikator merupakan target pencapaian kemampuan individu siswa
tujuan pembelajaran merupakan target pencapaian kemampuan siswa secara kolektif



PERBANDINGAN DAN HUBUNGAN INDIKATOR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
NO
PERSAMAAN
INDIKATOR PEMBELAJARAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
1
HUBUNGAN DENGAN KD (KOMPETENSI DASAR)
1.      Mengacu kepada KD
2.      Dirumuskan secara specifik (dengan KKO) à Kata Kerja Operasional

1.      Mengacu kepada KD
2.      Dirumuskan secara specifik ( Dengan KKO) à Kata Kerja Operasional


2
FUNGSI
persamaan dari indikator dan tujuan pembelajaran adalah pada fungsi keduanya sebagai acuan arah proses dan hasil pembelajaran.
persamaan dari indikator dan tujuan pembelajaran adalah pada fungsi keduanya sebagai acuan arah proses dan hasil pembelajaran.



ANALISIS
Persamaan indikator dan tujuan pembelajaran. Disini terdapat dua persamaan berdasarkan hasil diskusi kami dimana persamaan yang pertama merujuk kepada hubungan terhadap KD (Kompetensi Dasar) dimana keduanya sama-sama mengacu pada KD (Kompetensi Dasar) dan dirumuskan secara spesifik. Kemudian yang kedua merujuk pada pengertiannya, tujuan pembelajaran mencerminkan arah yang akan dituju selama pembelajaran berlangsung. Dengan demikian arah proses pembelajaran harus mengacu pada tujuan pembelajaran. Dengan demikian persamaan dari indikator dan tujuan pembelajaran adalah pada fungsi keduanya sebagai acuan arah proses dan hasil pembelajaran.

Perbedaan antara indikator dan tujuan pembelajaran dapat diberikan melalui uraian berikut. Dalam pembelajaran, setiap siswa akan diukur pencapaian kompetensinya. Dimana berdasarkan diskusi perbedaan umum dari keduanya ialah indikator pencapaian kompetensi merupakan rumusan kemampuan yang harus dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar (KD) atau indikator merupakan target pencapaian kemampuan individu siswa. Sedangkan tujuan pembelajaran merupakan kemampuan yang dirumuskan dalam tujuan pembelajaran mencakup kemampuan yang akan dicapai siswa selama proses belajar dan hasil akhir belajar pada suatu kompetensi dasar (KD) atau tujuan pembelajaran merupakan target pencapaian kemampuan siswa secara kolektif
Read more : JUMANKERA.COM : Media belajar, perangkat pembelajaran, karakter bangsa, tips, dan inspirasi pendidikan.

Artikel Terkait